Jenis-jenis Banner dan Perkembangannya

banner palembang

Jenis-jenis Banner dan Perkembangannya

Cara Pembuatan Banner – Banner adalah sebuah hasil kerajinan di zaman kuno yang masih sangat populer di zaman modern seperti saat ini. Tidak ada yang tahu pasti siapa atau dimana cara pembuatan banner ini pertama kali ditemukan. Namun dalam kitab perjanjian lama, banner disebutkan sebagai patokan titik kumpul bagi sekelompok pasukan perang.

Hal ini diperkuat dengan penggunaan sashimono atau semacam spanduk oleh tentara Jepang pada abad ke 15 untuk mengidentifikasikan diri mereka di medan pertempuran. Banner dapat berbentuk seperti bendera atau sehelai kain yang berisi simbol, logo, slogan atau pesan khusus.

Artikel Lainnya : Design Interior Kantor

Pembuatan banner di zaman kuno dahulu yang dibuat dari bahan kain, saat ini material pembuatannya bisa bermacam-macam. Begitu pula dengan fungsi penggunaannya. Jika dulu banner berfungsi sebagai bagian dari alat perang, kini banner telah berkembang bahkan menjadi salah satu kebutuhan bisnis yang mempunyai tujuan komersil.

Cara Pembuatan Banner

Begitu pula dengan cara pembuatannya. Carapembuatan banner yang dulu dilakukan secara tradisional, kini dapat dipermudah dengan bantuan teknologi modern. Dengan memanfaatkan perangkat lunak computer seperti Photoshop, Corel Draw atau Adobe Ilustrator kita dapat dengan mudah merancang dan mendisain tampilan banner sesuai dengan keinginan kita.

Mengenai detail bagaimana cara pembuatan banner dengan menggunakan perangkat lunak computer tersebut, anda dapat mempelajarinya dengan menggunakan video tutorial yang banyak beredar di situs youtube, atau mencari panduannya melalui situs pencarian google.

Baca Juga : Peran Advertising Ditahun 2018

Di era modern seperti sekarang ini, banner sering disebut juga sebagai poster. Namun ada perbedaan yang memisahkan antara banner dengan poster. Perbedaannya terletak pada ukuran dan cara pemasangannya. Banner memiliki ukuran 2 sampai 4 kali lebih besar dari pada poster yang sering kita jumpai pada umumnya.

Pada cara pemasangannya pun berbeda. Jika poster dipasang dengan cara ditempel, maka banner banyak kita jumpai dipasang dengan cara ditegakkan dengan bantuan sistem kaki atau rangka yang menyangganya.

Jenis Banner yang Sedang Trend

Berdasarkan cara pemasangannya tersebut, banner dapat dibagi dalam beberapa kategori. Berikut beberapa diantaranya:

  1. X-Banner

cara pembuatan banner x banner

Banner jenis ini memiliki kerangka penyangga berbentuk “X” sesuai dengan namanya. Banner jenis ini sangat praktis dan ringan sehingga dapat digunakan dimanapun baik outdoor maupun indoor. Cara pembuatan banner jenis ini pun tergolong mudah serta berbiaya relative murah. Sehingga banner jenis ini cocok apabila digunakan oleh anda yang sedang merintis suatu bisnis atau anda yang sedang mengkampanyekan sesuatu yang bersifat non-komersil.

 

  1. Y-Banner

cara pembuatan banner y banner

Sesuai dengan namanya, banner jenis ini memiliki kerangka penyangga berbentuk huruf “Y”. Selain bentuknya yang berbeda, hal lain yang membedakan Y-banner ini dengan X-banner adalah penyangga yang digunakan. Y-banner penggunakan alas penyangga tambahan dibagian bawah agar banner dapat berdiri lebih kokoh. Namun penggunaan banner jenis ini masih kalah popular dengan X-banner.

 

  1. Roll Up Banner

cara pembuatan banner roll up banner

Penggunaan roll up banner ini tergolong lebih kuat dan lebih eksklusif apabila dibandingkan dengan dua jenis banner sebelumnya. Salah satu keunggulan roll up banner ini adalah mampu berdiri tegak secara vertical dengan membentuk sudut 90 derajat.

Hal ini dikarenakan kerangka-kerangka penyangganya yang lebih kuat dan berada dibagian atas maupun bawah. Selain itu keunggulan lainnya dari banner jenis ini adalah; kain atau kertas banner dapat digulung dan tingginya dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

 

Peletakan Banner

Sementara itu berdasarkan letaknya, banner dibagi menjadi dua kategori. Yaitu; banner outdoor dan banner indoor.

  1. Banner outdoor

cara pembuatan banner

Disebut demikian karena pemasangan banner jenis ini berada di luar ruangan. Disebut juga banner pohon karena biasanya dipasang pada pohon secara vertical, hal tersebut juga membuatnya disebut banner vertical.

 

  1. Banner indoor

cara pembuatan banner

Sebenarnya, banner indoor ini mencakup 3 banner yang disebut diatas. Yaitu; X-banner, Y-banner dan Roll Up Banner karena banner indoor ini sering disebut juga deangan standing banner. Banner indoor ini biasanya digunakan sebagai sarana promosi di dalam mall, toko, hall, atau outlet.

Selain banner model standing tersebut diatas masih banyak model kaki banner yang digunakan sebagai display, antara lain hanging banner, moving roll banner, dan sebagainya.


Demikianlah Informasi mengenai Sejarah Cara Pembuatan Banner dan Beberapa jenis Banner yang dapat kami jelaskan kepada kalian, Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika kalian tertarik untuk mengembangkan usaha kalian melalui media Banner kalian bisa menghubungi kami Jasa Banner PalembangJasa advertising Bonafide terkenal dengan profesional dan tepat waktu dalam setiap pengerjaan project yang kami jalani.

Post Tags: