Tips Pembuatan Flyer Yang Efektif Dan Tepat Sasaran

Tips Pembuatan Flyer Yang Efektif Dan Tepat Sasaran

Tips Pembuatan Flyer – Flyer atau biasa disebut juga dengan selebaran, surat edaran, atau pamlet, merupakan suatu bentuk iklan yang menggunakan kertas sebagai media utama penyampaian informasinya. Didistribusikan secara luas dan biasanya dipasang atau diedarkan di tempat-tempat umum.

Isi dan fungsi dari flyer itu sendiri sangat beragam. Mulai dari mempromosikan barang atau jasa, sampai memberitahukan informasi menarik mengenai suatu acara yang akan digelar atau menyampaikan pesan sosial, agama, atau bahkan politik, seperti yang lazim kita temui pada flyer-flyer di pinggir jalan yang ditempelkan di pohon, tembok atau tempat-tempat umum lainnya.

Baca Juga : Banner Palembang, Rekomendasi Untuk Kalian

Oleh karena flyer ini berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi, tentunya dibutuhkan suatu proses kreatif dalam proses pembuatan flyer itu sendiri. Hal ini bertujuan agar supaya flyer tersebut dapat menarik perhatian khalayak sehingga pesan yang dimaksud dapat tersampaikan dengan jelas dan lugas.

Tips Pembuatan Flyer

tips pembuatan flyer

Berikut adalah tips-tips yang dapat dipertimbangkan apabila anda sedang dalam proses kreatif pembuatan flyer:

  1. Pemilihan komposisi warna dan gambar

Apabila anda ingin menarik perhatian orang untuk melihat flyer yang anda sebarkan, maka pemilihan warna yang digunakan sebaiknya warna-warna yang cerah dan menarik, Akan tetapi hal ini harus disesuaikan pula dengan tema informasi yang disampaikan. Tidak ada salahnya menggunakan warna gelap sebagai dasar, akan tetapi anda harus pandai mengkombinasikannya dengan warna-warna sekunder sehingga informasi yang hendak anda sampaikan akan lebih mudah terbaca.

Hal yang sama berlaku pula pada pemilihan gambar. Pilihlah gambar yang benar-benar sesuai dan mewakili informasi yang akan anda sampaikan. Selain itu, gambar juga harus terlihat menarik dan tajam.

  1. Pemilihan kata

Tips pembuatan flyer yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pemilihan kata, terutama pada bagian judul. Buatlah judul yang menarik dan dengan pilihan kata yang unik. Penggunaan kalimat atau kata-kata yang mudah diingat, unik atau bahkan sedikit bernada provokatif sangat diperbolehkan dalam proses pemilihan judul ini.

tips pembuatan flyer

Usahakan menggunakan kalimat atau kata yang singkat dan jelas. Atau bila perlu gunakan satu kata saja akan tetapi yang unik dan mudah diingat. Judul bisa menjadi penentu apakah pembaca selanjutnya akan melihat keseluruhan isi flyer atau tidak. Apabila dari judulnya saja sudah tidak menarik, orang mungkin saja tidak akan meneruskan untuk membaca isi keseluruhan dari flyer tersebut.

  1. Font dan ukuran

Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan kata dan kalimat dalam proses pembuatan flyer. Hindari penggunaan font atau jenis huruf yang terlalu unik atau susah dibaca. Penggunaan font-font sederhana dan mudah dibaca justru akan lebih meningkatkan daya tarik orang-orang untuk membaca flyer anda. Selain itu sesuaikan ukuran font dengan ukuran kertas yang anda gunakan.

Artikel Menarik : Peran Advertising di Tahun 2018, Seperti Apa Perkembangannya?

Pada bagian judul, ada baiknya diberi porsi yang paling besar. Gunakan font sederhana dengan ukuran yang besar sehingga judul tersebut tampak mendominasi isi flyer. Setelah selesai dengan judul, penggunaan font dan ukurannya pada bagian isi dapat menyesuaikan.

Buatlah kombinasi seideal mungkin antara ukuran font pada judul dan ukuran font pada bagian isi. Hal ini bertujuan untuk memperindah tampilan flyer sehingga flyer tersebut enak dipandang dan informasi didalamnya tersampaikan secara efektif.

  1. Singkat, Padat dan Jelas

Dalam proses pembuatan flyer, informasi yang disampaikan harus singkat, padat dan jelas. Artinya, jangan bertele-tele atau terlalu banyak tulisan didalamnya. Orang, terutama di Indonesia memiliki minat baca yang masih sangat rendah, hal ini bisa berpengaruh pada tampilan flyer anda. Flyer yang berisi terlalu banyak kata akan membuat orang malas untuk membaca atau bahkan meliriknya sekalipun.

tips pembuatan flyer

Hal ini dapat disiasati dengan cara mengkombinasikan huruf dan tulisan dengan gambar-gambar atau simbol-simbol yang menarik perhatian. Bila perlu, berikan porsi lebih pada gambar dan symbol dibandingkan untuk tulisan dan huruf.

  1. Pemilihan tempat persebaran

Setelah selesai dengan proses kreatif pembuatan flyer, hal terakhir yang dilakukan adalah pendistribusian atau penyebaran. Pilihlah tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang. Seperti di café misalnya atau halte tempat banyak orang menunggu kendaraan umum atau di pohon-pohon pinggir jalan dekat trotoar tempat banyak orang berjalan kaki. Intinya, sebarkan flyer di tempat yang banyak manusia berkegiatan di dalamnya. Semakin banyak orang membaca flyer anda semakin efektif pesan yang hendak anda sampaikan melalui flyer tersebut.


Demikianlah tips pembuatan flyer supaya efektif dan tepat sasaran. Semoga dapat membantu dalam proses pembuatan flyer anda. Selamat mencoba.

Jika kalian tertarik untuk mengembangkan usaha kalian melalui Flayer kalian bisa menghubungi kami Jasa Flayer PalembangJasa advertising Bonafide terkenal dengan profesional dan tepat waktu dalam setiap pengerjaan project yang kami jalani.