Mendongkrak Usaha Kecil dan Menengah Lewat Blog

Mendongkrak Usaha Kecil dan Menengah Lewat Blog

Kendala yang kerap dihadapi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) adalah belum populer sehingga sulit diterima pasar. Apalagi jika berhadapan dengan produk sejenis yang telah dikenal dengan merek yang bonafide. Saat sebuah produk baru diluncurkan orang masih bertanya-tanya tentang detail produk tersebut. Jika produk itu adalah milik perusahaan yang berduit banyak tentu bukan masalah untuk membuat iklan yang massif melalui banyak media. Namun jika perusahaan pemilik produk tersebut adalah milik UKM yang tidak berduit besar untuk beriklan, tentu ini menjadi persoalan. Namun jangan khawatir ukm bisa memanfaatkan blog untuk promosi produk.

Seperti halnya social media lain yang mampu meningkatkan pemasaran usaha kecil, blog juga memiliki peranan yang cukup penting untuk mendongkrak pemasaran. Paling tidak untuk lebih memberikan gambaran utuh mengenai produk, sehingga konsumen yakin dan percaya dengan produk terebut. Jika anda yakin media ini bermanfaat untuk pemasaran bisnis anda maka tinggal mengoptimalkan peran blog dalam pemasaran.

Media online seperti blog memang menjadi media yang murah untuk memasarkan produk, bahkan bisa dikatakan “tidak berbiaya” jika dibandingkan media iklan yang lain. Rentang waktu pemasangan juga tidak terbatas, konten promosi juga sesuka hati kita.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan membuat blog bagi usaha anda:

  • Blog akan membuat perusahaan lebih mudah bereskspresi. Perusahaan bisalebih longgar dan lentur menyampaikan informasi tentang berbagai hal menyangkut produk atau layanan yang diberikan perusahaan.
  • Dengan blog perusahaan secara tidak langsung dapat mengedukasi konsumen. Misalnya melempar informasi tentang produk – produk yang akan diluncurkan, wacana peluncuran produk baru, atau rencana pengembangan suatu produk. Perusahaan bisa membagi informasinya lewat blog sekaligus memancing respon konsumen atau masyarakat luas. Jika konsumen penasaran, mereka bisa menanggapinya sehingga terlihat respon konsumen tentang produk /layanan tersebut.
  • Konsumen akan lebih yakin ketika ia mengunjungi blog perusahaan setelah melihat perusahaan pemilik blog tersebut terlihat aktif menangani project, mengadakan event penjualan dan promosi, maupun interaksi dengan para klien.
  • Agar lebih mendukung pertumbuhan bisnis, kata kuncinya adalah rajin mengupdate kontent yang ada pada blog tersebut. Bisa jadi anda telah mendapatkan calon konsumen yang selalu setia menengok produk terbaru anda, namun menjadi kecewa karena berita pada blog sudah tidak relevan dengan produk anda. Dengan mengupdate kontent maka bisnis terlihat lebih hidup dan dinamis.(Galeriukm).

Sumber : http://galeriukm.web.id